PENTINGNYA KETERAMPILAN MENULIS BAGI HUMAS KPU

KPU Kab. Padang Pariaman- Pada hari ini, Rabu tanggal 6 November pukul 09.00 WIB di Hotel Pangeran Beach Padang, diadakan Workshop Penulisan Berita Kehumasan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se- Sumatera Barat. Pesertanya adalah Kasubag Teknis dan Hupmas beserta staff KPU Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Barat. Yusrizal KW, Redaktur Harian Padang Ekspres hadir sebagai Pemateri pada Kegiatan ini. Para peserta begitu antusias mengikuti kegiatan, karena ini bakal menjadi keterampilan yang akan sejalan dengan tugas yang diemban nantinya.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh KPU Provinsi Sumatera Barat untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, khususnya dibidang penulisan dan pengelolaan website. Menurut Gebril Daulay, komisioner KPU. Selama ini Website KPU belum menjadi sumber informasi utama bagi masyarakat untuk mengetahui segala hal terkait penyelenggaraan pemilu. Hal ini menyebabkan miss informasi.

“Untuk itu staff humas KPU Kabupaten/Kota harus aktif dalam pembuatan Berita, sehingga menjadi sumber informasi utama bagi masyarakat,” tegas Gebril.

 

Melatih Kemampuan Menulis

Untuk menghasilkan berita bermutu, dibutuhkan keterampilan menulis yang baik. Hal itu dikemukakan Yusrizal KW, sekaitan banyaknya berita atau tulisan yang tidak menarik tersaji diberbagai website.

“Menulis itu adalah sebuah keterampilan. Semakin sering diasah maka akan semakin baik, termasuk dalam menghadirkan gaya kepenulisan,” Ujar Yusrizal KW. Untuk itu humas harus aktif membaca dan mempelajari gaya bahasa yang sering digunakan pada media cetak umum.

Diharapkan output dari workshop tersebut, Peserta dapat menerapkan ilmunya dan mampu membuat berita yang lebih baik dan menarik. Sehingga website KPU pada Satker masing-masing dapat menjadi acuan utama bagi masyarakat dalam mencari informasi.