Pembentukan PPS Pemilihan Serentak 2020 Di Perpanjang

Pembentukan PPS Pemilihan Serentak 2020 Di Perpanjang

Kab-padangpariaman.kpu.go.id | KPU Kabupaten Padang Pariaman telah mengumumkan pendaftaran PPS di Media Resmi KPU dan ditempelkan lansung ke setiap nagari di padang pariaman pada tanggal 15 Februari 2020. dan dilanjutkan dengan masa pendaftaran pada tanggal 18-24 Februaru 2020.

Untuk mempermudah calon pelamar dalam melakukan pendaftaran calon PPS, KPU Padang Pariaman melakukan kerja sama dengan kantor POS dengan membuka PO BOX 2020 yang dikhususkan untuk pelamar PPS, sehingga pelamar dapat mengirimkan berkas lamaran melalui Kantor POS tanpa harus datang lansung ke KPU Padang Pariaman. Selain dengan mengirimkan lamaran Via POS, KPU juga membuka Posko Pendaftaran di Kantor Camat Sungai Limau, ini bertujuan agar Calon Pelamar dari wilayah Utara Padang Pariaman tidak terlalu jauh harus datang ke Kantor KPU, serta meminimalisir tumpukan antrian Pelamar.

Sesuai ketentuan, KPU Padang Pariaman memerlukan anggota PPS sebanyak 309 orang, ini dihitung dari 3 X 103 Nagari se-Kabupaten Padang Pariaman lantaran Padang Pariaman memiliki 103 nagari, karena anggota PPS di setiap desa/kelurahan jumlahnya 3 orang. Berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor 66/PP.06.4-Kpt/03/KPU/II/2020 tentang Pedoman Teknis Pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), PPS, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota, dimana KPU Kabupaten/Kota diwajibkan melakukan perekrutan minimal 2 X (dua kali) jumlah kebutuhan anggota PPS yakni 6 (enam).

Pada masa pendaftaran PPS ini, antusias masyarakat sangat tinggi ini dilihat dari banyaknya jumlah pelamar yang datang mengantarkan Berkas lamaran. Terdata pelamar yang mengantarkan lamaran ke Kantor KPU Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 693 Pelamar, Pelamar yang mengantarkan ke Kantor Camat Sungai Limau sebanyak 301 Pelamar dan yang mengirimkan Lamaran VIA POS sebanyak 20 Pelamar, total ada 1.014 Pelamar calon Anggota PPS. Dengan sebanyak ini Pelamar PPS namun masih saja terdapat kekurangan Jumlah minimal per Nagari yang sudah ditentukan yakni 6 orang per Nagari. Kekurangan terjadi di 14 Nagari sehingga KPU Kabupaten Padang Pariaman wajib memperpanjang Masa Pendaftaran untuk Nagari-Nagari tersebut. Masa Perpanjangan Pendaftaran sudah dimulai sejak tanggal 25 Februari dan berakhir tanggal 27 Februari 2020. |HRY|